Otoritas Daerah Online

Membangun Daerah Membangun Bangsa

Senin, 13 April 2009

berita Banyumas, Jateng. PADI GOGO


AROMATIKNYA PADI GOGOSku.OTDA : Bupati Banyumas Drs.H.Mardjoko,MM selain memanen padi Gogo di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas juga meresmikan Gedung Gapoktan di Desa Adisana Buntu Banyumas. Salas satu galur yang potensial untuk dijadikan varietas padi gogo unggulan adalah UNSOED G136.selama ini galur UNSOED G136 di tanam dilahan kering sebagai padi gogo. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa galur UNSOED G136 di tanam di sawah tadah hujan. Percobaan pertama penanaman galur UNSOED G136 di sawah tadah hujan sedang dilakukan di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.Dalam rangka Pengenalan Profil Padi Gogo Aromatik dan Uji Paket Budidaya, padi gogo hasil ujicoba UNSOED G136 disawah tadah hujan hasilnya sangat bagus.

Padi gogo Aromatik tidak kalah dengan padi sawah,Ketahanan pangan masih menjadi isu menarik di negeri ini. Beras sebagai bahan pangan pokok menjadi komoditas penting dalam menunjang ketahan pangan.beras dijadikan pula komoditas politik.Pencapaian swasembada beras merupakan tujuan utama pemgembangan padi di Indonesia.Upaya yang dilakukan di Laboratorium Pemuliaan Tanaman,Fakultas Pertanian,Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED),Purwokerto oleh Prof.Ir.Totok Agung D.H.,M.P.,Ph.D dan Ir.Suwarto,MS. telah menghasilkan galur padi gogo yang potensial untuk dilepas menjadi varietas padi gogo berdaya hasil dan kualitas hasil tinggi.Perakitan galur dilakukan dengan persilangan antara Varietas Poso dan Menthik Wangi serta resproknya.
Galur tersebut telah dicoba di berbagai lokasi tanaman.Melalui Konsorsium Padi Nasional,Galur UNSOED G136 ditanamSumbawa,Lombok,Bali,Cilacap,Kulonprogo,dan
Banjarnegara. Juga telah dicoba di Kabupaten Purbalingga melalui Progam Hibah Kemitraan DIKTI.di Desa Candiwulan,Kecamatan Kutasari,Kabupaten Purbalingga di Desa Tegal Pingen Kecamatan Pangadegan,Kabupaten Purbalingga.Percobaan pertama penanaman galur UNSOED G136 di sawah tadah hujan dilakukan di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.namun demikian ,produktivitas yang tinggi akan tercapai jika didukung dengan teknik budidaya yang tepat. (Ari S)

Tidak ada komentar: