Otoritas Daerah Online

Membangun Daerah Membangun Bangsa

Kamis, 29 Januari 2009

DOKTER DORA DAN PENYAKIT SOSIAL


PENYAKIT SOSIAL & KESEHATAN
Drg.Dora Rikumahu


Sku.OTDA/Laporan utama :
Para pembaca blog Sku.OTDA yth, kalaupun dokter muda dan cantik ini adalah dokter gigi, namun beliau tetap punya waktu dan peduli terhadap apa yg kami tanyakan akan hal diatas. Tentunya ini bagian kepedulian thd permasalahan penyandang PENYAKIT SOSIAL DAN KESEHATANNYA.

Dalam pergaulannya dokter kita ini, cukup bersahaja, sederhana, baik hati, tidak sombong dan 'nge-mong, sehingga wajar saja jika dia banyak teman."Wartawan dan dokter tak beda jauh, dia melayani masyarakatn yang membutuhkannya, jika dokter berharap mereka tetap sehat, maka wartawan bertugas berbagi informasi..", itu bagian pernyataannya. 'okelah bu..

Dokter yang juga hajah ini menyatakan bahwa Para penyandang penyakit sosial seperti Anak jalanan, PSK, Pengguna Narkoba, Gepeng hidupnya sangat rentan terhadap berbagai penyakit diantaranya Tuberkulosis,HIV/AIDS, Gonore, Sifilis, Hepatitis B, Hati, Ginjal, Penyakit kulit. Spesifik & kerentanannya sebagai berikut;


ANAK JALANAN

Penyakit Tuberkulosis ;
disebabkan oleh kebiasaan pola makan yang tidak teratur yang mengakibatkan terjadinya kekurangan gizi, kurang berolah raga, polusi udara akibat hidup di luar ruangan atau jalanan.


Penyakit menular Seksual ;
Gonore, Sifilis, HIV/AIDS, Hal mana disebabkan oleh perilaku kehidupan seks bebas di kalangan anak jalanan tersebut, Terlebih lagi kur¬angnya pemahaman akan hubungan seks yang aman. Penyakit HIV/AIDS yang diderita oleh anak jalanan dapat juga disebabkan oleh penyalahgunaan narkotika melalui penggunaan jarum suntik secara berganti ganti.

Penyakit Gigi : karena kurang terpeliharanya mereka kepada gigi, banyak dari mereka yang menderita hal ini, dari sakit yang terbiasa hingga akut, sehingga dicabut. Juga penggunaan rokok, obat-obatan dan minuman keras mempunyai pengaruh untuk kebersihan /kesehatan gigi.

PSK


PMS atau Penyakit Menular Seksual; dan menderita satu atau lebih PMS dan kebanyakan adalah dalam usia muda dan angka penderitanya cenderung meningkat.
Penyakit penyakit tersebut menimbulkan infeksi dan contohnya adalah gonore, sifilis, herpes kelamin, jengger ayamdan infeksi HIV/AIDS. Masing-masing infeksi tadi beragam pula penyebabnya: bakteri, jamur, protozoa, ektoparasit, dan virus. Sarana terjadinya PMS bisa karena hubungan kelamin dengan kelamin, oral maupun anal


PENGGUNA NARKOBA

HIV/AIDS ; dan sebagian besar mereka adalah berumur dibawah 30 tahun. Hal ini disebabkan penggunaan jarum suntik secara bergantian, selain itu penyalahgunaan narkotika juga dapat mengakibatkan rusaknya susunan syaraf pusat atau merusak organ-organ tubuh lainnya, seperti hati dan ginjal dan menimbulkan penyakit kulit karena kebersihan tubuh yang tidak terawat Penggunaan narkoba seperti penyalahgunaan bahan berbahaya (minuman keras beralcohol ) akan menimbulkan kerusakan hati, jantung, pangkreas dan peradangan lambung, merusak secara permanen jaringan otak sehingga menimbulkan gangguan daya ingatan, kemampuan penilaian, kemampuan belajar dan gangguan jiwa tertentu.

Dokter yang jijik terhadap kecoa dan cecurut ( tikus kecil/nying-nying) ini punya cita-cita mempunyai klinik sendir. "Agar lebih banyak waktu membantu masyarakat..", katanya. 'Oke deh, ngomong-ngomomg kalau ada kecoa atau nying-nying yang sakit gigi, apa diterima ? Hahahaha........ (@rief/kmps)

Tidak ada komentar: