Otoritas Daerah Online

Membangun Daerah Membangun Bangsa

Jumat, 21 November 2008

KATA MRK TTG HARI IBU, PEREMPUAN, KARIR & PESISIR




KATA MRK TTG HARI IBU, PEREMPUAN, KARIR & PESISIR


PEREMPUAN PESISIR TANGGUH:
Jika bicara pesisir, maka disana akan kita jumpai banyak potensi yang belum maksimal diupayakan, salah satunya adalah pemberdayaan perempuannya. Perempuan pesisir pantai harus turut disertakan mengembangkan potensi alam yang tersedia untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Sehingga perempuan pesisir tidak lagi hanya menunggu suaminya pulang melaut, sambil (maaf) mencari kutu perempuan lainnya.
Jika hal ini mampu dilakukan, maka akan mengangkat derajat kaum perempuan karena mampu memainkan peran ganda, yaitu sebagai ibu rumah tangga sekaligus penyokong kebutuhan ekonomi rumah tangga. Harus terus diupayakan pemahaman perempuan di pesisir mampu melakukan dua peran itu, selama aktivitas perempuan tidak melanggar kodratnya sebagai wanita maka hal itu diperbolehkan. Saat ini bukan jamannya perempuan merasa minder dengan kaum laki-laki. Perempuan pesisir adalah perempuan pejuang. Tangguh. Demikian Herawati,41 thn, wiraswasta catering di Jakarta ini saat dijumpai Sku.Otda dirumahnya. (Kiki/foto;ist)


-----------------------------------------------------------------------------
ARTI IBU BAGIKU= Ibu adalah wanita tangguh dan sangat mulia, Aku ada karena dia, drajat lebih tinggi 3 tingkat dari seorang pria/ayah. Doanya dikabulkan, sorganya karena karunia Allah dibawah kakinya. Kasih-sayangnya tdk bisa dinilai dgn uang maupun bentuk apapun, dia bisa menjadikan anak2 menjadi org berguna bagi nusa bangsa dan negara .Perjuangan & pengorbanannya tak habis oleh masa.
WANITA KARIR: adalah wanita yg intelenjesinya tinggi, yang waktunya dicurahkan untuk cita-citanya, tinggal kemudian apakah ia mampu atau tidak membedakan mana yang hak dan kewajiban. Umumnya wanita karir selalu menjadi polemik, dalam hal hidup bermasyarakat maupun pandangan agama.(ROMALIA, Swasta, 41 thn, Bekasi, Jabar)
---------------------------------------------------------------------------
PEREMPUAN PESISIR SEDERHANA:Ini mungkin pendapat saya pribadi yang belum tentu benar, namun mungkin juga benar jika ingin meningkatkan atau memberdayakan perempuan pesisir salah satunya adalah melalui seringnya dilakukan pelatihan dan workshop Peningkatan Partisipasi Perempuan Pesisir.Terutama adalah: 1/Apa yang harus dikerjakan saat suami melaut,2/Apa yang harus dilakukan saat musim paceklik, karena mereka kerap terjebak lintah-darat, 3/.Perlunya penerapan iptek dalam pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan ‘sesederhana mungkin sehingga dapat ‘diserap’ perempuan pesisir yang relative sederhana dalam segala hal. Kalaupun banyak yang melakukan hal diatas, namun kemasan dan penyajiannya senantiasa lebih mengarah kepada ‘perempuan kota, ini yang mengakibatkan tidak sampai message-nya.Hal ini disampaikan Lena Satriati, PNS, Cilangkap, Jakarta Timur waktu lalu. (Kiki/foto;ist)

Tidak ada komentar: