Otoritas Daerah Online

Membangun Daerah Membangun Bangsa

Jumat, 21 November 2008

TOILET UNTUK KUDA; DI BOGOR, BANDUNG & SUKABUMI



TOILET UNTUK KUDA; DI BOGOR, BANDUNG & SUKABUMI?

Sku.OTDA/Tradisionil; Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah Kereta Perang, Kereta Kencana dan Kereta kuda.
Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur di masa Hindia Belanda.Orang Belanda sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos (punggung pada punggung, arti harfiah bahasa Perancis), yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado.

Saat Sku.OTDA ada waktu ‘dolan-dolan ke kota Sukabumi, Bogor dan Bandung waktu lalu, masih terlihat banyak delman mondar-mandir disana, ini satu bukti bahwa pemerintah sana masih peduli terhadap kendaraan tradisionil kalaupun sudah era-OTDA,maklum era-OTDA ini banyak Perda yang diciptakan oleh pemerintah daerah yang juga belum tentu berpihak kepada rakyat. Delman memang kendaraan tidak berpolusi, dan ber-nomor-polisi, namun ya itu dia, kotorannya kalau tidak terjaga maka akan mengotori keindahan kota dan menularkan penyakit. Jadi mungkin sudah waktunya kita pikirkan bersama pendirian Tolilet Umum untuk kuda. ‘ngaco…! (@rief/kiki/foto.ist)

Tidak ada komentar: