Otoritas Daerah Online

Membangun Daerah Membangun Bangsa

Kamis, 05 Maret 2009

danpusdikter TNI AD



90 HARI SUDAH SERTIJAB DANPUSDIKTER

Sku.OTDA/Indonesiana: Sabtu, 20 Desember 2008 merupakan bagian sejarah bagi PUSDIKTER (Pusat Pendidikan Teritorial) TNI AD. Karena dilangsungkan sertijab Danpusdikter (Komandan Pusdikter) dari Brigjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M. kepada Kolonel Inf. Erwin Hudawi Lubis yang berlangsung di Lapangan Upacara Pusdikter, Jl. Gadobangkong , Kab.Bandung Barat, Jawa Barat.

Saat itu Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Mayjen TNI S. Simandjuntak bertindak selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya mengatakan, sebagai fungsi utama TNI Angkatan Darat, Pembinaan Teritorial (Binter) harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit maupun institusi satuan jajaran Angkatan Darat, oleh karena itu Pusdikter memiliki posisi sentra dan strategis mengingat dari Pusdikter inilah diharapkan mampu mencetak serta menghadirkan sosok aparat teritorial yang handal, professional dalam bidang Binter, mulai dari tingkat Komandan Korem sampai dengan unsur pelaksana terbawah yaitu Babinsa.

Ditegaskan Danpuster, sesuai dengan tugas pokok TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka menjadi kewajiban setiap prajurit teritorial untuk membangun suatu kondisi yang kondusif agar setiap warga negara memiliki militansi dan rasa nasionalisme serta kepekaan sosial sebagai wujud tanggungjawabnya terhadap bangsa dan negara melalui kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Pusdikter, tambah beliau, merupakan lembaga pendidikan yang saat ini langsung di bawah supervisi Pusat Teritorial Angkatan Darat, yang berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan dan sekaligus sebagai pusat unggulan dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan Binter. Hal ini sejalan dengan tugas pokok Pusterad sebagai pengemban Lapang Kekuasaan Tekhnis (LKT) Binter Angkatan Darat.

Kini sudah berjalan lebih dari 90 hari sertijab itu, dan kita yakini akan banyak pencerahan didalamnya. Khususnya menjadikan para masyarakat dilingkungan terdekat (Red: Kab.Bandung Barat) semakin dekat dihati Danpusdikter dan jajarannya. ”Betul itu pak, karena masih saja ada yang beranggapan bahwa ’green is dangerous’. Mereka masih menutup pintu, padahal Sku.OTDA yang telah lama bergaul disana, tidak demikian. Itulah pekerjaan rumah pak Lubis. ’Maju terus, Dan..!! (@rief/Corny/Foto.DispenAD) --- Red; Thanks to May.Inf. Henhen (Kasiop), Kapt.Inf.Ismail & Sersan Hartono with your attention & cooperations.Kapan nih bisa ngopi sama-sama lagi, igh 'ngarep..!!

Tidak ada komentar: