Otoritas Daerah Online

Membangun Daerah Membangun Bangsa

Senin, 30 Maret 2009

PROVINSI RIAU dan 12 jurus mautnya



PROVINSI RIAU ERA THN.2009-2014
“ 12 JURUS MAUT GEMILANG 2009-2014 “


Sku.OTDA; Berat nian langkah Gubernur Provinsi Riau ke-12 ini, H.M. Rusli Zainal, SE yang berpasangan dengan Wabup, Drs.HR. Mambang Mit ini mencapai PROVINSI RIAU 2009-2014 kedepan. Maklum kalau pun Provinsi Riau dikenal beriklim tropis basah , namun perjalanan provinsi ini sarat dengan ‘panas dan ada flak hitamnya. Beberapa petinggi disana banyak yang tidak ‘amanah saat menjabat sehingga harus berurusan dengan yang berwajib maupun KPK.

Lalu bagaimana Provinsi Riau 2009-2014?, ini yang patut kita pertanyakan apakah akan tetap lagi kita andalkan sebagai provinsi religius, kaya akan adat-budaya timur dan keramah-tamahannya?,sedangkan jurang ‘kemiskinan dan lemahnya penyerapan tenaga kerja seakan monster yang terus membayangi. Semoga bapak Ruli beserta jajarannya dapat membuktikan akan ‘lebih baik lagi di thn.2009-2014.

Thn.2006-2008 lalu, Jumlah penduduk Prov.Riau lebih dari 5,3 juta jiwa, dan penduduk miskinnya tersebar di kantong-kantong kemiskinan pada daerah pesisir, aliran sungai, kepulauan dan daerah pedalaman yang terisolir. Jumlahnya telah mencapai lebih dari 574.500 jiwa penduduk miskin.Kalaupun setiap tahunnya menurun sejak thn.2000 namun ini bukan hal yang patut kita banggakan. Kita juga tahu bahwa banyak upaya yang dilakukan Pemprov, Salah satu adalah melalui dana budget/sharing antara Pemerintah Daerah Provinsi Riau dan kabupaten/kota. Dana ini cukup signifikan untuk mendongkrak jumlah rakyat miskin yang ada di Provinsi Riau. Pada tahun 2007 terjadi peningkatan dana yaitu menjadi Rp. 323.763 Milyar.

Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2006 tercatat bahwa penduduk Provinsi Riau yang berusia 10 tahun keatas adalah 3.761.391 jiwa, dari jumlah tersebut 1.653.758 jiwa atau 43.97 %-nya adalah yang tergolong bukan angkatan kerja (pengangguran?). ‘opsss…

Upaya lain adalah dapat kita intip dari hasil Rakor Gubernur beserta para bupati/walikota dan camat se Provinsi Riau, Jumat (13/03) di Pekanbaru yang membuahkan 12 kesepakatan, yang kami sebut sebagai ’12 JURUS MAUT GEMILANG (GErbang Menuju RiAu bANGkit ) 2009-2014,al; (1). Segera melakukan penyiapan masyarakat/pemerintah kabupaten/kota dan melakukan promosi daerah sebagai tuan rumah PON. (2). Mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan membuat kanalisasi dan menutup pintu kanal, pengadaan heli yang bisa digunakan untuk memantau karhutla. (3). Perlunya padu serasi dalam finalisasi RTRW agar dapat mengantisipasi kebutuhan di lapangan. (4). Perlu Tim Pembebasan Lahan untuk pembangunan jalan kawasan ekonomi khusus dan OPRM. (5). Perlu pengaturan regulasi untuk Penguatan Otonomi Desa. (6). Perlu penguatan progran pemberdayaan desa. (7). Perlu peningkatan penyerapan dana kegiatan yang dibiayai oleh APBN. (8). Perlu percepatan tumbuhnya investasi di berbagai sektor yang menumbuhkan perekonomian rakyat. (9). Perlu percepatan pembangunan infrastruktur jalan kelistrikan dan air bersih. (10). Perlu disegerakan penyaluran logistik dan tenaga penunjang pemilihan anggota legislatif dan Presiden, kebersamaan TNI dan Polri agar Pemilu sukses. (11) Perlu penyelesaian temuan-temuan BPK segera., dan (12). Perlu segera diselesaikan masalah tapal batas
Pak Gubernur, Pak Wabup, Pak Bupati, Pak Walikota yang terhormat, kami sepakat atas poin-poin diatas, maka kami titipkan Provinsi Riau ini kepada anda semua, dan Insya Allah kami akan terus mendukung dan mengawal seluruh program kerja anda, selama itu AMANAH. Hormat kami, Sku.OTDA. GWI, LSM PP OTDA & LBH GWI. ‘Wassalam…(@rief/Pemred/Asep/Foto.gubernur riau kiri-ist)

Tidak ada komentar: